OPERATION SOVEREIGN BORDER MERUPAKAN OPERASI MILITER (4)


Dalam sebuah wawancara dengan media Independent Australia, tanggal 22 Januari 2014, PM Australia Tony Abbot berencana untuk meningkatkan operasi militer Operation Sovereign Borders menjadi Operation Homeland Defence. Dari operasi militer mengusir manusia perahu pencari suaka  menjadi operasi militer pertahanan.

Abbott bahkan berencana mengangkat Scott Morrison menjadi Menteri Perang dan mengaktifkan armada angkatan laut yang sedang standby serta memanggil kapal perang sedang beroperasi di Timur Tengah untuk kembali ke Australia bersiap menghadapi Indonesia.

Tony Abbott mengatakan : “Kami mempunyai sebuah rencana. Saya akan menetapkan bahwa negara dalam keadaan perang dan meng-upgrade Operation Sovereign Borders menjadi Operation Homeland Defence. Scott Morrison akan ditetapkan menjadi Menteri Perang”.  Lebih jauh lagi Abbott mengatakan, “ Kami akan mempersiapkan armada kapal perang yang sedang standby dan memanggil semua kapal-kapal perang yang sedang beroperasi di Timur Tengah untuk kembali ke Australia.”

Abbott Menginginkan Perang

Masih dalam wawancara tersebut, media Independent Australia mewawacara Menteri Luar Negeri Marty Natalewawa, tentang informasi adanya kapal Angkatan Laut Indonesia yang mengembalikan perahu pencari suaka yang diusir oleh Australia ke perairan Australia dekat Darwin.

Marty Natalegawa mengatakan, “ Kami menemukan sekelompok orang di perairan Indonesia, dengan menggunakan perahu baru. Ketika kami cek, ternyata perahu baru tersebut adalah milik Angkatan Laut Australia dan terdaftar di Pemerintahan Australia. Sebagai tetangga yang baik, tentu saja kami kembalikan mereka ke ”rightful owners”.  Saya kira Australia tidak bermasalah dengan hal tersbut”.

Ketika dimintai tanggapanya oleh pewawancara Independent Austrlia Lee Sails, setelah mendengar pembicaraan Menlu Marty Natalegawa,  PM Tony Abbot minta waktu untuk mendiskusikan hal tersebut dengan  penasehatnya. ”“Can I get back to you on that, Lee? I’ll have to take advice from Peta to know what the government’s position is on this one ….”, kata Tony Abbott.

——————–

28 Januari 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: