MASIHKAH INDONESIA OPTIMIS DENGAN PERTUMBUHAN EKONOMI DIATAS 6 PERSEN ?


Hingga saat terakhir, indikator ekonomi Amerika Serikat, Cina dan Eropa masih tetap konsisten terus melemah.

Penelitian yang dilakukan oleh Sentier Research seperti yang dilaporkan oleh New York Times (24 Agustus 2012) menunjukkan bahwa rata-rata pendapatan rumah tangga di AS terus menurun. Dua belas tahun yang lalu pendapatan tahunan mencapai AS $ 55.000 per tahun, tetapi sekarang hanya AS $ 51.000 per tahun.

Dua kelompok usia 55 -64 tahun dan 25 -34 tahun menunjukkan pendapatan rumah tangga yang paling buruk. Data ini semakin menguatkan bahwa recovery ekonomi AS semakin sulit. Menurunnya pendapatan rata-rata penduduk AS menyebabkan melemahkan daya beli, secara teoritis menyebabkan menurunnya sisi permintaan.

Stabilisasi pertumbuhan ekonomi Cina sedang mengalami tekanan yang sangat serius saat ini, seperti yang dinyatakan oleh Perdana Menteri Wen Jiabao pada hari Selasa 10 Juli 2012 (Xinhua). Upaya untuk menstabilkan pertumbuhan ekonomi diantaranya melalui dorongan konsumsi, diversifikasi ekspor, dan investasi.

Pertumbuhan ekonomi Cina “hanya” mencapai 8,1 persen pada triwulan pertama tahun 2012, yang berarti pertumbuhan terendah selama 3 tahun, sedangkan pertumbuhan triwulan kedua diprediksi hanya mencapai 7,5 persen.

Perdana Menteri Wen  berkata bahwa faktor-faktor ekonomi internal dan eksternal sangat rumit, Cina memerlukan reformasi fiskal dan kebijakan keuangan supaya Cina tetap pada jalur stabilisasi pertumbuhan ekonomi yang diharapkan.

Berkaca pada pertumbuhan ekonomi dunia saat ini, masihkah Indonesia optimis dengan pertumbuhan 6,5 persen pada tahun 2012 dan 6,8 persen pada tahun 2013. Pemerintah seharusnya mulai berhitung ulang dengan angka-angka yang sangat optimis tersebut.

———————-

24 Agustus 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: