IMPOR AMERIKA SERIKAT TERHADAP PRODUK NENAS PERIODE JANUARI – APRIL 2012 TURUN 16 PERSEN


Secara umum produk nenas yang diimpor negara Amerika Serikat (AS) secara tahunan terdiri dari 40 persen produk nenas (buah segar dan beku), 30 persen produk juice nenas dan sisanya 30 persen adalah produk nenas kaleng.

Impor produk nenas (buah segar dan beku, nenas kaleng dan juice) negara AS  empat bulan  pertama (Januari – April) tahun 2012 mengalami penurunan 16 persen (volume) dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Rinciannya, produk juice nenas turun 27 persen, nenas segar turun 14 persen dan nenas kaleng turun 8 persen.

Costa Rica tercatat sebagai peng-ekspor buah segar terbesar ke AS, dengan pangsa pasar mencapai 80 persen. Tetapi pada periode Januari – April 2012, impor nenas segar dari Costa Rica turun 14 persen dibanding tahun lalu. Turunnya impor dari Costa Rica dapat ditutup oleh impor nenas segar dari Thailand dan Pilipina – yang merupakan negara pengekspor nenas segar terpenting di Asia Tenggara.

Turunnya impor nenas segar dari Costa Rica terus berlanjut hingga periode Mai dan Juni, akibat pada periode itu tanaman nenas sedang menjalani proses pembungaan. Turunnya volume ekspor dari Costa Rica menyebabkan harga jual (FOB) naik menjadi US$9-10 per 27 lb box.

Steve Woodyear-Smith, direktur Oppenheimer Tropicals Category yang merupakan perusahaan yang membeli nenas segar dari Costa Rica kemudian mengapalkan ke AS, mengakui turunnya suplai buah nenas segar dari Costa Rica, untuk menutupi kekurangannya ditutupi pembelian dari Ekuador dan Panama.

——————————–

Dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: